• Posted by : Unknown September 11, 2013



    The Elder Scrolls Online (TES Online) adalah game MMORPG yang tampil sebagai spin-off dari seri permainan Elder Scrolls. Game ini mengambil setting tepat 1000 tahun sebelum event yang terjadi pada “The Elder Scrolls V: Skyrim”, tepatnya di tahun 2E 583. Secara tidak langsung, setting permainan TES Online tampil sebagai prekuel dari ketiga game Elder Scrolls yang paling populer (Morrowind, Oblivion, dan Skyrim). Berita tentang The Elder Scrolls Online sudah muncul dalam event-event gaming beberapa saat yang lalu. Namun pihak developer baru menampilkan presentasi demo game ini pada menjelang event PAX East 2013 baru-baru ini. Untuk para penggemar Elder Scrolls, kalian dapat bernafas lega kalau mengetahui bahwa Elder Scrolls Online menampilkan dunia permainan yang hampir meliputi seluruh provinsi Tamriel, dari setting permainan di Arena, Daggerfall, Oblivion, bahkan sampai Skyrim.

    Alur cerita TES Online secara tidak langsung ikut terhubung dengan kisah-kisah permainan Elder Scrolls lainnya. Game ini memulai alur cerita saat berakhirnya Dinasti Reman yang menandakan berakhirnya jaman First Era. Hal ini menyebabkan nyala api “Dragonfire”, pelindung dunia Tamriel dari ancaman Oblivion, menjadi padam karena tidak ada penguasa yang baru. Padamnya api Dragonfire menyebabkan Daedric Prince bernama Molag Bal dapat menyerang Tamriel dan berniat untuk menyatukan dunia Tamriel ke alam miliknya yang bernama Coldharbour.

    Kosongnya kekuasaan ditambah dengan invasi dari Molag Bal, menyebabkan terbentuknya tiga faksi yang saling bersaing. Ketiga faksi ini adalah hasil dari kolaborasi para ras yang menghuni dunia Tamriel. Ketiga faksi tersebut adalah: Faksi Ebonheart Pact, faksi Aldmeri Dominion, dan faksi Daggerfall Covenant. Sesuai dengan setting alur cerita TES Online, pemain berperan menjadi salah satu korban Molag Bal, yang jiwanya telah dicuri oleh Daedric Prince tersebut.

    FIRST IMPRESSION
    Pada awalnya, TES Online lebih terlihat seperti game MMO biasa daripada sebuah “game Elder Scrolls”. Di saat pengembangan awal, game ini hanya terlihat seperti sebuah MMO yang hanya mencantumkan nama “Elder Scrolls” dalam judul gamenya. Untung Zenimax sepertinya menyadari hal ini, dan telah mengembangkan konsep permainan bersama dengan fitur-fiturnya, sehingga sekarang lebih terlihat sebagai sebuah game Elder Scrolls yang sesungguhnya.

    Hampir seluruh elemen permainan seperti fitur pembuatan karakter, struktur quest, sistem pertarungan, dan bahkan tampilan interface, semuanya tampil sesuai dengan gaya permainan Elder Scrolls yang telah kita kenal sejak dahulu. Kalian juga dapat memilih untuk bermain dengan menggunakan first-person view, atau sewaktu-waktu berpindah menggunakan third-person view sebagai sudut pandang kamera.

    Pengalaman bermain TES Online tampil sangat berbeda dengan gaya permainan Elder Scrolls yang kita kenal sebelumnya. Tentu saja beberapa hal pasti ada yang harus dikorbankan jika game seperti ini dimunculkan ke dalam bentuk permainan MMO. Meskipun demikian, pihak Zenimax telah melakukan tugas yang sangat baik dalam menampilkan berbagai macam aspek utama Elder Scrolls, sehingga tampil baik sebagai game online.

    Tidak seperti game online lainnya, TES Online tampil sangat minimalistik. Game ini tidak menampilkan banyak informasi yang memenuhi layar. Informasi penting seperti tampilan nyawa, mana dan stamina, hanya muncul di saat sedang bertarung, atau ketika karakter pemain terluka misalnya. Dalam situasi lain, informasi yang muncul di layar hanya tampilan mini-map, quest tracker, dan sebuah crosshair. Hal ini membuat kalian dapat bermain dengan nyaman, tanpa terganggu oleh informasi yang memenuhi layar permainan. Sistem dialog juga ditampilkan dengan sudut pandangan orang pertama, yang menyerupai sistem dialog pada Skyrim atau Oblivion, tetapi dengan variasi pilihan dialog yang menyerupai Morrowind. Sedangkan sistem inventory dan menu skill mengikuti tren Skyrim, dengan tampilan zoom pada karakter setiap kali pemain mengakses menu-menu tersebut.

    COMBAT
    Meskipun tidak menggunakan sistem pertarungan yang serupa dengan Skyrim, tetapi sistem pertarungan TES Online tampil cukup berbeda jika dibandingkan game online lainnya. Kalian mengayungkan senjata, menembakan panah dengan busur, atau melemparkan bola api dengan tongkat, dengan menggunakan tombol klik kiri pada mouse. Sedangkan tombol klik kanan digunakan untuk menahan serangan, baik dengan perisai atau alat perlindungan lainnya. Kalian dapat menahan tombol serangan untuk menghasilkan serangan power attack yang lebih kuat, sedangkan jika kalian menyerang dengan perisai dapat mengganggu serangan spell yang hendak dikeluarkan oleh musuh. Kalian juga dapat menahan serangan power attack musuh dengan timing yang tepat, sehingga membuat musuh terkena stun, agar serangan kita berikutnya membuat damage yang lebih besar.

    Fitur hotbar TES Online tidak sebanyak game online lainnya. TES Online hanya menampilkan enam slot hotbar yang bisa digunakan. Hal ini sengaja dilakukan supaya pemain lebih terfokus kepada skill-skill yang lebih penting. Penggunaan fitur hotbar ini sedikit berbeda dengan biasanya, karena skill-skill pada TES Online tidak mempunyai waktu “cooldown”, tetapi sepenuhnya tergantung dari besar nyawa, mana, atau stamina karakter pemain. Hal ini membuat penggunaan hotbar tergantung kepada timing dan irama pertarungan. Tindakan-tindakan seperti blocking, sprinting, atau dodging juga menggunakan stamina sehingga memaksa pemain untuk memperhitungkan taktik dan strategi mereka saat bertarung melawan musuh.

    Tidak seperti permainan Elder Scrolls biasanya, spell dalam TES Online tidak perlu harus dipasangkan terlebih dahulu di tangan karakter, tetapi dapat langsung di cast dalam pertarungan. Sistem spell ini menyerupai sistem yang digunakan dalam Oblivion. Hal ini membuat pertarungan menjadi berjalan lebih cepat dan intens. Penggunaan stealth juga mengalami sedikit perubahan dalam TES Online. Kalian masih tetap dapat melakukan stealth seperti pada permainan Elder Scrolls lainnya, tetapi sistem deteksi stealth dalam TES Online tergantung kepada jarak pandangan yang dapat dilihat oleh musuh, bukan tergantung pada pencahayaan dinamis seperti pada biasanya. Hasilnya, kalian dapat menyelinap diam-diam selama musuh tidak melihat posisi kalian, dan tidak perlu lagi memperhatikan cahaya terang atau tempat yang gelap. Salah satu hal yang cukup menarik adalah kemampuan untuk menyamar dengan mengambil pakaian dari musuh yang telah dikalahkan. Jika kalian menggunakan pakaian musuh, kalian dapat menyamar dan melewati area musuh dengan aman. Tetapi jika kalian terlalu dekat dengan posisi musuh, maka penyamaran tersebut akan terbongkar.

    Salah satu hal yang paling menarik dalam sistem pertarungan TES Online adalah fitur A.I yang pintar, dinamis, dan telah diperbaharui. A.I musuh dalam TES Online dapat berinteraksi satu sama lain, dan bahkan dapat beradaptasi dengan situasi pertarungan. Sebagai contoh: Musuh-musuh dapat bekerja sama memanggil bantuan atau menyembuhkan kawannya, musuh dari faksi yang sama dapat menggunakan kekuatan spesial yang lebih mematikan, atau sekelompok necromancer dapat menciptakan ritual summoning yang membahayakan party pemain. Hal ini membuat pertarungan berjalan lebih menarik dan mengingatkan pemain agar tidak sembarangan menyerang musuh.

    CHARACTER
    Sistem leveling pada TES Online juga menggunakan konsep yang hampir serupa dengan permainan Elder Scrolls, sehingga tampil tidak seperti yang biasa ditemukan pada game online lain. Kalian level-up untuk meningkatkan status nyawa, mana, atau stamina. Setiap kali level-up, karakter kalian memperoleh skill point yang bisa digunakan untuk mempelajari kemampuan spesial yang baru. Skill-skill yang bisa dipelajari ini tampil bervariasi, tergantung dari jenis race, class, dan equipment yang digunakan pemain. Salah satu contoh skill yang bisa dipelajari dari tipe senjata adalah: Two Handed, One Handed & Shield, Dual Wield, Bow, Destruction Staff, dan Restoration Staff.

    Setiap kali pemain menaruh point pada skill yang ingin dipelajari, mereka dapat memperoleh skill passive dan active yang baru. Active skill dapat diupgrade jika skill tersebut sering dipakai. Pada ranking lima, active skill dapat diubah ke variasi baru yang lebih kuat. Skill point yang dapat diperoleh berjumlah terbatas, tetapi kalian bebas untuk memperoleh jalur skill yang baru, dan menentukan sendiri skill-skill apa saja yang ingin dipelajari. Sebagai contoh: Kalian dapat bergabung menjadi anggota Fighter Guild atau Mage Guild, dan kemudian memperoleh skill-skill spesial yang hanya bisa ditemukan dalam guild tersebut. Pihak developer juga mengatakan kalau TES Online akan menampilkan skill-skill khusus untuk sistem PvP, termasuk skill-skill spesial yang hanya bisa diperoleh jika karakter pemain menjadi seorang vampire, werewolf, atau sejenisnya. Sistem skill yang mudah di-customize ini telah dirancang sedemikian rupa agar menjaga keseimbangan permainan.

    Meskipun pada awal permainan kalian dapat menentukan “jenis class” yang ingin digunakan. Tetapi kalian bebas menentukan sendiri proses pengembangan karakter yang dimainkan. Ingin menjadi seorang Fighter? Tinggal belajar skill-skill yang dapat menggunakan senjata dengan baik. Ingin menjadi seorang Mage? Maka pelajari spell-spell yang tersedia. Kalian bahkan dapat mengkombinasikan skill-skill yang diinginkan untuk menciptakan karakter impian yang sesuai gaya permainan.

    Fitur guild ikut menjadi salah satu bagian utama dalam permainan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kalian dapat bergabung menjadi anggota Fighter Guild, Mage Guild, Thieves Guild, atau bahkan Dark Brotherhood. Setiap guild akan menampilkan alur cerita dan misi-misi yang unik tersendiri. Pihak developer mengatakan kalau fitur-fitur guild ini ikut menambah variasi permainan TES Online, dan dibuat dengan konsep yang mendorong pemain untuk menjelajahi dunia permainan agar tidak cepat merasa bosan.

    MMO DESIGN
    TES Online adalah game Elder Scrolls yang mempunyai potensi besar dapat sukses sebagai game online. Quest dalam game ini berjalan dinamis, kalian dapat menemukan quest ketika sedang menjelajahi dungeon, bertemu dengan NPC di perjalanan, atau bahkan menerima hadiah saat berhasil menyelesaikan sebuah dungeon. Sebagian besar alur cerita utama game ini mengajak pemain untuk mengumpulkan para heroes di berbagai wilayah. Pemain lain yang ikut menjalani misi yang sama, akan tampil sebagai “anonymous mercenary” untuk menjaga peran role-playing yang sedang kalian lakukan. Hal ini membuat kalian dapat merasakan petualangan epik di dunia Elder Scrolls sesungguhnya, tanpa merasa terganggu dengan kehadiran karakter pemain lainnya.

    Kalian dapat menjelajahi seluruh dunia TES Online meskipun hanya menggunakan satu karakter, terlepas dari faksi manakah yang dipilih. Meskipun game ini menampilkan tiga faksi dengan alur cerita, lokasi, dan gaya permainan yang berbeda. TES Online menggunakan cara yang pintar supaya pemain dapat menikmati seluruh isi permainan yang tersedia. Pada level 1-50, kalian memilih satu faksi dan menyelesaikan alur cerita yang sesuai dengan karakter kalian. Setelah mencapai level 50, kalian diberikan kesempatan untuk memilih faksi kedua, yang bisa dikatakan sebagai versi “new game plus”. Misi-misi dan area berbahaya tampil lebih sulit, dengan level musuh yang lebih tinggi, dan item-item yang sesuai dengan level karakter. Setelah menyelesaikan hal ini, kalian masih dapat memilih faksi terakhir dalam mode permainan yang jauh lebih menantang lagi.

    Kalian masih dapat bersosialisasi dan bergabung dengan kelompok pemain di faksi awal, hal ini berarti kalian tidak perlu harus memilih race tergantung dari area mana yang ingin dimainkan terlebih dahulu. Dengan kata lain, karakter Breton kalian dapat mengunjungi wilayah Skyrim tanpa harus menjadi seorang Nord.

    Selain dunia permainan yang dinamis, TES Online juga menampilkan sistem crafting yang telah diperbaharui. Ada lima profesi crafting dalam game ini, yakni: Armorsmith, Weaponsmith, Enchanter, Alchemist, dan Provisioner. Setiap karakter dapat mempelajari semua profesi ini sekaligus, tetapi hanya satu yang dapat dikuasai sepenuhnya. Item diciptakan dengan menggunakan materi dasar, yang kemudian ditambah dengan bonus aditif dari kombinasi item-item lain. Hal ini membuat item yang diciptakan dapat memperoleh bonus-bonus secara random, termasuk property tersembunyi yang hanya dapat diperoleh melalui kombinasi tertentu. Item-item hasil dari crafting dapat dipecah kembali untuk memperoleh bonus-bonus tertentu yang diinginkan. Sebagai tambahan lain, kalian juga dapat menentukan style senjata atau armor yang digunakan, contohnya: Sebuah Iron Axe dapat dibuat dari bahan Orcish, Breton, atau Aldmeri, dan lain sebagainya.

    PENUTUP
    The Elder Scrolls Online semakin terlihat bagaikan sebuah game Elder Scrolls yang sesuai dengan harapan para penggemarnya. Zenimax cukup berhasil dalam mendesain inti permainan TES Online agar tampil seperti game Elder Scrolls, tetapi dirancang sedemikian rupa sehingga terpadu sempurna dengan elemen permainan online modern. Masih ada beberapa hal yang mengundang rasa khawatir, seperti sistem pertarungan yang tidak menggunakan “cooldown-based”, hal ini dapat membuat pemain terus-menerus spam skill mereka selama mana/stamina masih tersedia. Namun pihak Zenimax menyadari hal ini, dan mereka berjanji kalau sistem pertarungan TES Online akan berjalan seimbang. Karakter yang mengandalkan magic dapat menggunakan skill mereka terus-menerus, tetapi mana yang tersedia berjumlah terbatas. Sedangkan untuk karakter melee, mereka dapat menggunakan kemampuan “reflect magic” supaya dapat selamat dari serangan magic musuh.

    Pada akhirnya, The Elder Scrolls Online adalah sebuah proyek ambisius yang ingin membuat impian para penggemar menjadi kenyataan, yakni sebuah game Elder Scrolls yang bisa dimainkan bersama-sama. Untuk sekarang ini masih terlalu awal untuk mengatakan kalau proyek ini tampil sukses dalam memenuhi harapan tersebut. Tetapi melihat dari presentasinya sejauh ini, cukup aman untuk mengatakan kalau The Elder Scrolls Online mempunyai potensi yang besar sebagai game online yang berani tampil berbeda dan mungkin dapat menjadi game online terbaik di tahun 2013 sekarang ini.

    Publisher: Bethesda Softworks
    Developer: ZeniMax Online Studio
    Genre: MMORPG
    Release: TBA 2013
    Platform: MAC, PC, PS4, Xbox One

    0 komentar

  • Copyright © 2014 - K-OS SMKTAG- All Right Reserved

    K - OS SMK-TAG Surabaya Powered by Blogger - Di Desain oleh Johanes Djogan dan Admin SMK-TAG