- Home>
- PENDIDIKAN , TEKNOLOGI , UMUM >
- Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak
Posted by : Unknown
November 11, 2013
Saat saya ditanya oleh saudara atau teman SMP saya, "Kamu SMK jurusan apa?", Saya bilang "Rekayasa Perangkat Lunak(RPL)", "Apaan tuh?". See? Kebanyakan orang tidak tahu tentang jurusan ini. Nah maka dari itu, kali ini Saya akan mengulas sedikit tentang apa yang dipelajari RPL dan apa yang mejadi tujuannya.
Istilah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) sebagai terjemahan dari istilah Software Engineering. Istilah Software Engineering mulai dipopulerkan tahun 1968. pada Software Engineering Conference yang diselenggarakan oleh NATO. Sebagian orang mengartikan RPL hanya sebatas pada bagaimana membuat program komputer. Padahal ada perbedaan yang mendasar antara perangkat lunak (software) dan program komputer.
Perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memproses informasi. Perangkat lunak dapat berupa program atau prosedur. Program adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer. prosedur adalah perintah yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi.
Jelaslah bahwa RPL tidak hanya berhubungan dengan cara pembuatan program komputer. Pernyataan “semua aspek produksi” pada pengertian di atas, mempunyai arti semua hal yang berhubungan dengan proses produksi seperti manajemen proyek, penentuan personil, anggaran biaya, metode, jadwal, kualitas sampai dengan pelatihan pengguna merupakan bagian dari RPL.
Tujuan RPL adalah :
a. Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
b. Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu.
c. Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform.
d. Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah.
Disiplin ilmu komputer (Computer Science) lahir pada awal-awal tahun 1940-an yang merupakan integrasi dari teori algoritma, logika matematika dan ditemukannya cara penyimpanan program secara elektronik pada komputer. Sejak itu ilmu komputer mengalami perkembangan yang terus menerus sehingga cakupannya menjadi semakin meluas. Cakupan pengetahuan dalam ilmu komputer seringkali didiskripsikan sebagai suatu studi sistematis pada proses-proses algoritma yang menjelaskan dan mentransformasikan informasi (Denning, 2000). Termasuk di sini adalah teori, analisis, disain, efisiensi, penerapan dan aplikasinya.
Mungkin arikel ini bisa membantu kalian semua tentang apa yang dimaksud dengan RPL dan tujuannya :)
Sumber : suwondo.net (dengan perubahan seperlunya)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar